Minggu, 14 Juni 2009

TIPS MELAMAR KERJA 1

Sobat, melamar kerja itu gampang-gampang susah. Kalau dibilang susah, ada yang hanya perlu sekali interview atau sekedar membaca surat lamarannya saja, pelamar tersebut sudah diterima bekerja. Nah kebalikannya, ada yang bilang gampang, tapi udah usaha semaksimal mungkin… ternyata lamaran kerjaannya ditolak melulu … capee deh
Nah berikut ini ada beberapa tips yang mungkin berguna … bukannya sok tau loh

JANGAN KELEWATAN

1. PD (Percaya Diri). Percaya diri itu sangat bagus, karena itu salah satu tanda kedewasaan kita. Orang yang punya rasa percaya diri sangat dibutuhkan. Tetapi jika itu berlebihan, akan menimbulkan kesan negative pada diri orang yang menginterview kita. Mereka mungkin akan merasakan aura kesombongan, meremehkan sesuatu, sok pinter atau sok tau juga sok sok yang lainnya.
Misalnya, jika kita hendak mengisi lowongan dibagian administrasi, Pada bagian lain interview kita disodori lembaran kertas berupa Form-form jadi, dan kita ditanyain apakah kita bisa membuat seperti itu. Karena kelewat PD si pelamar menjawab : Gampang, Pak, masa kaya gini aja ga bisa …Karyawan sini ya yang bikinnya… bahkan saya bisa bikin yang lebih sulit dari ini … dll sambil pasang wajah yang sok juga tentunya.
Nah kalau baru interview aja sudah merasa kepinteran … bisa bisa nanti kalau uda bergabung dengan perusahaan dia akan berusaha mengganti banyak hal sesuai maunya, padahal belum tentu apa yang dia pikirkan sesuai dengan perusahaan. Khawatir dong si bos … mending ditolak aja

Masalah Gaji juga harus diperhatiin ke pd annya. Jika ada pertanyaan berapa besar gaji yang kita mau, harap sangat bijaksanalah dalam menjawab, jangan gugup atau terlalu menantang. Perhatikan betul posisi kerja yang akan Anda lamar, Sebanyak apa pengalaman Anda, jangan-jangan belum berpengalaman minta gaji Rp 4,000,000 dibagian admistrasi. Atau sebaliknya jika terlalu kecil nilainya untuk posisi yang yang penting, akan mengesankan kalau si pelamar tidak punya daya jual yang tinggi, kurang fight, dll.

2. Ramah. Ramah kok ga boleh??? Boleh aja, bahkan harus. Namun jika kita terlalu ramah, tebar senyum dimana-mana, bahkan saat interview, kita kebanyakan senyum. Kesannya malah kita disebut pelamar cengengesan.

3. Pemalu. Ini kebalikan si ramah tadi. Kelewat malu … bisa jadi malah malu maluin looo


Jadi ‘berkaca’ dulu sebelum maju kemedan perang …. Weeiiit … interview maksudnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar